Hello Friend! Surabaya merupakan kota metropolitan terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Selain itu, Surabaya juga menjadi kota terbesar di Jawa Timur yang memiliki banyak destinasi wisata menarik. Hal tersebut membuat pariwisata di Surabaya semakin berkembang dan menarik minat para wisatawan.

Sejarah Kota Surabaya

Sebelum membahas destinasi wisata di Surabaya, mari kita kenali terlebih dahulu sejarah kota Surabaya. Surabaya didirikan pada abad ke-12 oleh seorang raja bernama Tunggul Ametung. Pada masa penjajahan Belanda, Surabaya menjadi pusat perdagangan dan pelabuhan yang strategis. Kota ini juga menjadi basis perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajah Belanda pada masa kemerdekaan.

Tempat Wisata di Surabaya

Surabaya memiliki banyak tempat wisata menarik yang bisa menjadi pilihan untuk berlibur. Berikut beberapa destinasi wisata populer di Surabaya:

1. Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan adalah sebuah monumen yang didirikan untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Monumen ini terletak di pusat kota Surabaya dan menjadi salah satu ikon kota Surabaya.

2. Monkasel

Monkasel atau Monumen Kapal Selam adalah sebuah kapal selam bekas milik Angkatan Laut Amerika Serikat yang kini telah dijadikan sebagai museum. Di dalam kapal selam ini, pengunjung dapat melihat langsung bagaimana kehidupan para awak kapal selam dan perlengkapan yang digunakan.

3. Taman Bungkul

Taman Bungkul merupakan taman kota yang cukup populer di Surabaya. Taman ini memiliki berbagai fasilitas seperti jogging track, taman bermain anak, dan area untuk piknik. Selain itu, taman ini juga menjadi tempat favorit bagi para penggemar kuliner karena banyaknya warung makan di sekitar taman.

4. House of Sampoerna

House of Sampoerna adalah museum rokok yang terletak di Jalan Taman Sampoerna, Surabaya. Museum ini didirikan oleh PT HM Sampoerna Tbk sebagai bentuk apresiasi terhadap sejarah rokok di Indonesia. Di dalam museum, pengunjung dapat melihat proses pembuatan rokok tradisional dan koleksi rokok dari berbagai negara.

See also  Wisata Surabaya Terbaru 2021

5. Jembatan Merah

Jembatan Merah adalah sebuah jembatan yang bersejarah di Surabaya. Jembatan ini menjadi saksi bisu perjuangan rakyat Surabaya melawan penjajah Belanda pada tahun 1945. Kini, Jembatan Merah menjadi salah satu objek wisata sejarah yang populer di Surabaya.

Kuliner Khas Surabaya

Wisata kuliner juga menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang berkunjung ke Surabaya. Berikut beberapa kuliner khas Surabaya yang wajib dicoba:

1. Rawon

Rawon adalah makanan khas Surabaya yang terkenal dengan kuah hitamnya yang khas. Kuah rawon dibuat dari rempah-rempah seperti kluwek, jahe, bawang merah, dan bawang putih. Dalam penyajiannya, rawon biasanya disajikan dengan daging sapi, telur asin, dan sambal terasi.

2. Rujak Cingur

Rujak cingur adalah makanan khas Surabaya yang terbuat dari irisan cingur atau hidung sapi yang dimasak dengan bumbu kacang dan petis. Rujak cingur juga biasanya disajikan dengan sayuran seperti timun, kacang panjang, dan tauge.

3. Lontong Balap

Lontong balap merupakan makanan khas Surabaya yang terdiri dari lontong, tahu, tempe, dan lentho yang disajikan dengan kuah kacang dan sambal petis. Lontong balap biasanya dijual di warung-warung kecil di sepanjang jalan.

Kesimpulan

Dari beberapa destinasi wisata dan kuliner khas yang telah disebutkan di atas, dapat disimpulkan bahwa pariwisata di Surabaya semakin berkembang dan menarik minat para wisatawan. Kota Surabaya memiliki banyak potensi wisata yang bisa dieksplorasi dan menjadi destinasi wisata yang menarik.

Saran

Jika Anda berencana untuk berkunjung ke Surabaya, pastikan untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata yang telah disebutkan di atas. Selain itu, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas Surabaya yang lezat. Selamat berlibur!

FAQ

1. Apa saja destinasi wisata yang populer di Surabaya?
Tugu Pahlawan, Monkasel, Taman Bungkul, House of Sampoerna, dan Jembatan Merah.
2. Apa kuliner khas Surabaya yang wajib dicoba?
Rawon, rujak cingur, dan lontong balap.
3. Bagaimana sejarah kota Surabaya?
Surabaya didirikan pada abad ke-12 oleh seorang raja bernama Tunggul Ametung. Pada masa penjajahan Belanda, Surabaya menjadi pusat perdagangan dan pelabuhan yang strategis. Kota ini juga menjadi basis perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajah Belanda pada masa kemerdekaan.
See also  Wisata Malam Surabaya Hits 2022

Terima kasih sudah membaca artikel tentang pariwisata di Surabaya. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan