Hello Friend, Selamat datang di artikel kami tentang wisata sejarah di Surabaya. Surabaya memiliki sejarah yang panjang dan kaya, membuatnya menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi. Di artikel ini, kami akan membahas beberapa tempat wisata sejarah yang harus Anda kunjungi saat berada di Surabaya.

Kota Tua Surabaya

Kota Tua Surabaya adalah kawasan yang terletak di sekitar Jalan Kembang Jepun. Di sini, Anda dapat menemukan bangunan-bangunan tua yang masih tersisa dari masa kolonial Belanda. Bangunan-bangunan ini termasuk Gedung Siola, gedung tua yang dibangun pada tahun 1920-an, dan Museum Bank Indonesia, yang dulunya adalah kantor pusat Bank Indonesia.

Di Kota Tua Surabaya, Anda juga dapat mengunjungi beberapa toko dan restoran yang menjual barang-barang antik dan makanan tradisional. Selain itu, Anda juga dapat menikmati suasana kota tua yang klasik dan indah.

Museum Mpu Tantular

Museum Mpu Tantular adalah museum sejarah dan arkeologi yang terletak di Jalan Raya Tenggilis. Museum ini berisi koleksi benda-benda kuno dari zaman prasejarah hingga zaman kolonial Belanda. Beberapa di antaranya adalah arca-arca Hindu dari abad ke-8 dan 9, serta benda-benda keramik dari dinasti Ming dan Qing.

Di museum ini, Anda juga dapat belajar tentang sejarah Jawa Timur, termasuk tentang kerajaan-kerajaan yang pernah berkuasa di wilayah ini. Ada pula pameran tentang budaya Jawa Timur, seperti tari-tarian tradisional dan pakaian adat.

See also  Tiket Surabaya Wisata: Tips dan Trik untuk Liburan Tak Terlupakan

Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam adalah sebuah kapal selam yang telah dipensiunkan dan dipajang sebagai monumen di Jalan Pemuda. Kapal selam ini pernah digunakan oleh TNI-AL pada masa perang melawan Belanda dan Inggris pada tahun 1945.

Kapal selam ini memiliki panjang 76 meter dan lebar 6,5 meter. Di dalam kapal selam ini, Anda dapat melihat berbagai ruangan dan peralatan yang digunakan oleh awak kapal selam pada masa itu. Anda juga dapat mempelajari sejarah perang yang terjadi pada masa itu dan bagaimana kapal selam digunakan dalam pertempuran laut.

Ciputra Waterpark

Ciputra Waterpark adalah taman air yang terletak di daerah Citraland. Tidak seperti tempat-tempat wisata sejarah lainnya di Surabaya, Ciputra Waterpark adalah tempat wisata modern yang menyajikan berbagai wahana air yang seru dan menyenangkan.

Di sini, Anda dapat menikmati berbagai wahana air, seperti kolam ombak, seluncuran air, dan wahana arung jeram. Selain itu, Ciputra Waterpark juga menyediakan area bermain anak-anak dan makanan dan minuman yang lezat.

Kesimpulan

Surabaya adalah kota yang kaya akan sejarah dan budaya. Dengan mengunjungi tempat-tempat wisata sejarah di Surabaya, Anda dapat mempelajari lebih banyak tentang sejarah dan budaya Jawa Timur serta mengalami suasana kota tua yang klasik dan indah.

Saran

Jika Anda ingin mendapatkan pengalaman yang lebih lengkap tentang sejarah dan budaya Jawa Timur, Anda dapat mengunjungi tempat-tempat seperti Museum Surabaya, Taman Budaya Jawa Timur, dan Masjid Cheng Hoo. Selain itu, jangan lupa untuk mencicipi makanan dan minuman tradisional Surabaya, seperti soto ayam, rawon, dan es dawet.

FAQ

1. Apa saja tempat wisata sejarah di Surabaya yang harus dikunjungi?

Beberapa tempat wisata sejarah di Surabaya yang harus dikunjungi antara lain Kota Tua Surabaya, Museum Mpu Tantular, dan Monumen Kapal Selam.

See also  Tempat Terkenal di Surabaya

2. Apa yang dapat dilihat di Kota Tua Surabaya?

Di Kota Tua Surabaya, Anda dapat melihat bangunan-bangunan tua dari zaman kolonial Belanda, seperti Gedung Siola dan Museum Bank Indonesia. Selain itu, Anda juga dapat menikmati suasana kota tua yang klasik dan indah.

3. Apa yang dapat dilihat di Museum Mpu Tantular?

Di Museum Mpu Tantular, Anda dapat melihat koleksi benda-benda kuno dari zaman prasejarah hingga zaman kolonial Belanda, serta belajar tentang sejarah Jawa Timur dan budaya Jawa Timur.

4. Apa yang dapat dilihat di Monumen Kapal Selam?

Di Monumen Kapal Selam, Anda dapat melihat kapal selam yang telah dipensiunkan dan dipajang sebagai monumen. Anda juga dapat mempelajari sejarah perang yang terjadi pada masa itu dan bagaimana kapal selam digunakan dalam pertempuran laut.

5. Apa yang dapat dilihat di Ciputra Waterpark?

Di Ciputra Waterpark, Anda dapat menikmati berbagai wahana air, seperti kolam ombak, seluncuran air, dan wahana arung jeram. Selain itu, Ciputra Waterpark juga menyediakan area bermain anak-anak dan makanan dan minuman yang lezat.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan