Hello Friend, jika kamu sedang mencari destinasi wisata yang menarik dan penuh dengan sejarah, Surabaya adalah jawabannya. Kota ini memiliki banyak tempat ikonik yang menjadi saksi perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Selain itu, Surabaya juga kaya akan budaya dan kuliner yang tidak boleh kamu lewatkan. Berikut adalah beberapa ikonik Surabaya yang harus kamu kunjungi:

1. Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam menjadi salah satu tempat yang sangat populer di Surabaya. Kapal selam ini awalnya digunakan oleh TNI AL untuk melindungi perairan Indonesia. Namun setelah pensiun, kapal ini diubah menjadi museum yang menampilkan sejarah dan teknologi kapal selam. Selain itu, kamu juga bisa berkeliling di dalam kapal selam dan merasakan sensasi menjadi seorang pelaut.

2. Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan adalah monumen yang dibangun untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang gugur dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Monumen ini terletak di pusat kota Surabaya dan di dalamnya terdapat museum perjuangan yang menampilkan koleksi benda-benda bersejarah.

3. Jembatan Merah

Jembatan Merah adalah salah satu ikonik Surabaya yang menjadi saksi perjuangan rakyat Surabaya melawan penjajah pada masa lalu. Jembatan ini menjadi lokasi pertempuran sengit antara rakyat Surabaya dengan tentara Belanda pada peristiwa 10 November 1945. Saat ini, di atas jembatan terdapat patung Bung Tomo yang menjadi simbol perlawanan rakyat Surabaya.

4. Masjid Cheng Hoo

Surabaya juga memiliki keunikan budaya yang tidak kalah menarik. Salah satunya adalah Masjid Cheng Hoo, masjid yang dibangun dengan gaya arsitektur Tiongkok. Masjid ini didedikasikan untuk seorang pelaut terkenal asal Tiongkok bernama Cheng Hoo yang pernah singgah di Surabaya pada abad ke-15.

See also  Paket Wisata Jogja dari Surabaya

5. Pasar Atom

Pasar Atom adalah pusat perbelanjaan yang terkenal di Surabaya. Pasar ini memiliki berbagai macam toko yang menjual berbagai jenis barang, mulai dari pakaian, elektronik, hingga makanan khas Surabaya. Pasar Atom juga menjadi tempat yang sangat ramai pada malam hari, di mana berbagai jenis makanan dan jajanan khas Surabaya bisa kamu temukan di sana.

6. House of Sampoerna

House of Sampoerna adalah museum dan pabrik rokok yang terletak di kawasan Kota Tua Surabaya. Di sini, kamu bisa melihat proses pembuatan rokok secara langsung dan juga mengenal sejarah rokok di Indonesia. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi galeri seni dan ruang pertunjukan musik di sana.

7. Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya adalah tempat wisata yang cocok untuk kamu yang suka dengan hewan. Di sana, kamu bisa melihat berbagai jenis hewan dari seluruh dunia, mulai dari gajah, harimau, hingga burung-burung eksotis. Selain itu, kamu juga bisa menikmati berbagai wahana permainan yang tersedia di sana.

8. Museum Mpu Tantular

Museum Mpu Tantular adalah museum yang berisi koleksi benda-benda sejarah dari masa kerajaan Majapahit. Di sini, kamu bisa melihat berbagai jenis benda-benda bersejarah, mulai dari senjata, perhiasan, hingga arca-arca kuno. Museum ini juga memiliki ruang edukasi yang cocok untuk anak-anak.

9. Pasar Turi

Pasar Turi adalah pasar tradisional yang terletak di pusat kota Surabaya. Pasar ini menjual berbagai jenis barang, mulai dari sayuran, buah-buahan, daging, hingga makanan khas Surabaya. Pasar Turi juga menjadi tempat yang sangat ramai pada pagi hari, di mana kamu bisa merasakan suasana pasar tradisional yang khas.

10. Gereja Immanuel

Gereja Immanuel adalah gereja yang dibangun pada abad ke-19 dengan gaya arsitektur neo-gotik yang indah. Gereja ini menjadi salah satu ikonik Surabaya yang patut kamu kunjungi. Di sana, kamu bisa melihat berbagai karya seni dan ornamen-ornamen khas gereja.

See also  Wisata Kapal Selam Surabaya: Menjelajahi Keindahan Bawah Laut

Kesimpulan

Dari berbagai tempat ikonik Surabaya yang telah disebutkan di atas, bisa disimpulkan bahwa Surabaya adalah kota yang memiliki banyak destinasi wisata yang menarik dan penuh sejarah. Selain itu, Surabaya juga kaya akan budaya dan kuliner yang tidak boleh kamu lewatkan. Jadi, jika kamu ingin merasakan pengalaman wisata yang berbeda, Surabaya adalah jawabannya!

Saran

Jika kamu ingin mengunjungi tempat-tempat ikonik Surabaya yang telah disebutkan di atas, sebaiknya kamu mempersiapkan diri dengan baik. Pastikan kamu membawa peta atau menggunakan aplikasi navigasi untuk memudahkan kamu dalam mencari lokasi. Selain itu, jangan lupa untuk mencicipi berbagai jenis makanan khas Surabaya yang terkenal enak. Selamat berwisata!

No Tempat Wisata Alamat
1 Monumen Kapal Selam Jl. Pemuda No.39, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60271
2 Tugu Pahlawan Jl. Pahlawan, Genteng, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60275
3 Jembatan Merah Jl. Urip Sumoharjo, Bubutan, Kec. Bubutan, Kota SBY, Jawa Timur 60174
4 Masjid Cheng Hoo Jl. Gading No.6, Ketabang, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60272
5 Pasar Atom Jl. Bungurasih No.21, Bungurasih, Wiyung, Kota SBY, Jawa Timur 60216
6 House of Sampoerna Jl. Taman Sampoerna No.6, Krembangan Utara, Kec. Krembangan, Kota SBY, Jawa Timur 60163
7 Kebun Binatang Surabaya Jl. Setail No.1, Wonokromo, Kec. Wonokromo, Kota SBY, Jawa Timur 60241
8 Museum Mpu Tantular Jl. Taman Mayangkara No.8, Jagir, Kec. Wonokromo, Kota SBY, Jawa Timur 60244
9 Pasar Turi Jl. Kembang Jepun No.11, Pabean Cantian, Kec. Krembangan, Kota SBY, Jawa Timur 60165
10 Gereja Immanuel Jl. Gubernur Suryo No.75, Gubeng, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur 60284

FAQ (Frequently Asked Questions)

Q: Apa saja tempat wisata yang harus dikunjungi di Surabaya?

See also  Tempat Hunting di Surabaya Malam Hari

A: Ada banyak tempat wisata yang menarik di Surabaya, di antaranya Monumen Kapal Selam, Tugu Pahlawan, Jembatan Merah, Masjid Cheng Hoo, Pasar Atom, House of Sampoerna, Kebun Binatang Surabaya, Museum Mpu Tantular, Pasar Turi, dan Gereja Immanuel.

Q: Apa yang membuat Surabaya berbeda dengan kota lainnya?

A: Surabaya memiliki sejarah dan budaya yang kaya, serta memiliki banyak destinasi wisata yang menarik. Selain itu, Surabaya juga terkenal dengan kuliner khasnya yang enak dan unik.

Q: Apa saja kuliner khas Surabaya yang harus dicicipi?

A: Ada banyak kuliner khas Surabaya yang patut dicicipi, di antaranya sate kelopo, rujak cingur, rawon, lontong balap, tahu campur, dan masih banyak lagi.

Q: Bagaimana cara menuju ke tempat-tempat wisata di Surabaya?

A: Kamu bisa menggunakan angkutan umum seperti bus, kereta api, atau taksi online. Namun, jika kamu ingin lebih praktis, kamu bisa menyewa kendaraan pribadi atau menggunakan layanan rental mobil.

Q: Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Surabaya?

A: Waktu terbaik untuk mengunjungi Surabaya adalah pada bulan Mei hingga Oktober, saat cuaca sedang cerah dan tidak terlalu panas.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan