Pendahuluan

Hello Friend! Apakah kamu sedang merencanakan liburan ke Gunung Bromo dari Surabaya? Jika iya, kamu sudah memilih destinasi yang tepat. Gunung Bromo merupakan salah satu gunung berapi terkenal di Indonesia yang memiliki keindahan alam yang memukau. Dalam artikel ini, kami akan memberikan informasi lengkap tentang travel ke Bromo dari Surabaya, mulai dari rute, harga, hingga tips untuk memaksimalkan liburanmu. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Rute

Untuk menuju ke Bromo dari Surabaya, terdapat beberapa rute yang bisa kamu pilih. Rute pertama adalah melalui Probolinggo. Kamu bisa naik kereta api dari Surabaya ke Probolinggo dengan harga sekitar Rp 30.000 – Rp 60.000. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan naik bus atau travel menuju Cemoro Lawang dengan harga sekitar Rp 30.000 – Rp 50.000. Dari Cemoro Lawang, kamu bisa menggunakan jasa jeep untuk menuju ke Bromo seharga Rp 500.000 – Rp 600.000.

Rute kedua adalah melalui Pasuruan. Kamu bisa naik bus dari Terminal Bungurasih Surabaya ke Terminal Purabaya Pasuruan dengan harga sekitar Rp 20.000 – Rp 30.000. Setelah itu, kamu bisa naik bus atau travel menuju ke Probolinggo dengan harga sekitar Rp 20.000 – Rp 40.000. Dari Probolinggo, kamu bisa melanjutkan perjalanan seperti rute pertama.

Harga

Untuk travel ke Bromo dari Surabaya, kamu perlu mengeluarkan biaya yang cukup besar. Biaya transportasi dari Surabaya ke Bromo bisa mencapai Rp 600.000. Selain itu, kamu juga perlu membayar tiket masuk ke area Bromo seharga Rp 220.000 untuk wisatawan domestik dan Rp 320.000 untuk wisatawan asing.

See also  Harga Tiket Atlantis Land Surabaya

Selain itu, jika kamu memilih untuk menggunakan jasa jeep, kamu perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp 500.000 – Rp 600.000. Namun, jika kamu ingin menghemat biaya, kamu bisa mengambil paket tour yang sudah termasuk transportasi, penginapan, dan jasa jeep dengan harga sekitar Rp 1.500.000 – Rp 2.000.000.

Waktu Terbaik

Waktu terbaik untuk travel ke Bromo dari Surabaya adalah pada bulan Mei hingga Agustus. Pada bulan-bulan tersebut, cuaca di Bromo cenderung lebih cerah dan tidak terlalu dingin. Namun, jika kamu ingin melihat keindahan sunrise di Bromo, waktu terbaik adalah pada bulan Juli hingga Agustus karena cuaca cenderung lebih stabil dan tidak terlalu berawan.

Tempat Menginap

Untuk menginap di Bromo, kamu bisa memilih beberapa pilihan penginapan yang tersedia di sekitar Cemoro Lawang. Ada beberapa penginapan yang menawarkan pemandangan langsung ke Bromo seperti Lava View Lodge dan Java Banana. Namun, jika kamu mencari penginapan yang lebih murah, kamu bisa memilih penginapan di sekitar Probolinggo atau Pasuruan.

Tips

Untuk memaksimalkan liburanmu di Bromo, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan:

  1. Persiapkan diri fisikmu dengan baik, karena perjalanan ke Bromo memerlukan stamina yang kuat.
  2. Gunakan pakaian hangat karena suhu di Bromo bisa mencapai 10 derajat Celsius di malam hari.
  3. Bawa makanan dan minuman secukupnya karena di sekitar Bromo tidak terdapat banyak warung makan.
  4. Jangan lupa membawa kamera karena pemandangan di Bromo sangat memukau dan cocok untuk dijadikan objek foto.

FAQ

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan terkait travel ke Bromo dari Surabaya:

1. Apakah bisa pergi ke Bromo tanpa menggunakan jasa jeep?

Jawab: Bisa. Namun, kamu perlu berjalan kaki sekitar 3 km dari Cemoro Lawang menuju ke Bromo.

See also  Kota Surabaya Malam Hari: Keindahan yang Tak Terlupakan

2. Apakah ada waktu terbaik untuk melihat sunrise di Bromo?

Jawab: Waktu terbaik untuk melihat sunrise di Bromo adalah pada bulan Juli hingga Agustus.

3. Apakah perlu membawa peralatan hiking?

Jawab: Tidak perlu. Perjalanan ke Bromo tidak memerlukan peralatan hiking yang khusus.

Kesimpulan

Dalam travel ke Bromo dari Surabaya, kamu bisa memilih beberapa rute yang tersedia dengan harga yang bervariasi. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Bromo adalah pada bulan Mei hingga Agustus. Selain itu, kamu juga perlu mempersiapkan diri dengan baik dan membawa perlengkapan yang sesuai. Jangan lupa untuk mengambil foto indah di Bromo dan menikmati liburanmu dengan baik. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan