Hello Friend, jika Anda sedang mencari rute ziarah ke tempat-tempat suci di Indonesia, khususnya di Surabaya, Anda berada di artikel yang tepat. Di artikel ini, kami akan membahas tentang rute ziarah ke lima makam wali di Surabaya. Makam-makam wali ini biasanya dikunjungi oleh umat muslim untuk berziarah dan meminta doa restu.

1. Makam Sunan Ampel

Makam Sunan Ampel terletak di Jalan Ampel, Pabean, Kota Surabaya. Sunan Ampel adalah salah satu wali dari sembilan wali yang dikenal dengan Walisongo. Ziarah ke makam ini biasanya dilakukan pada hari-hari besar Islam seperti Idul Fitri dan Idul Adha. Selain itu, pada setiap hari Kamis Pahing, diadakan pawai ziarah yang diikuti oleh ribuan orang.

2. Makam Sunan Giri

Makam Sunan Giri terletak di Desa Giri, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Sunan Giri adalah salah satu wali yang juga termasuk dalam Walisongo. Makam ini biasanya dikunjungi oleh umat muslim pada bulan Syawal dan bulan Muharram.

3. Makam Sunan Bonang

Makam Sunan Bonang terletak di Jalan Sunan Bonang, Desa Bonang, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Sunan Bonang juga termasuk dalam Walisongo. Makam ini biasanya dikunjungi oleh umat muslim pada bulan Syawal dan bulan Muharram. Selain itu, pada setiap hari Selasa Legi, diadakan acara ziarah yang diikuti oleh ribuan orang.

4. Makam Sunan Drajat

Makam Sunan Drajat terletak di Desa Drajat, Kecamatan Kedungdung, Kabupaten Sampang, Jawa Timur. Sunan Drajat adalah salah satu wali yang juga termasuk dalam Walisongo. Makam ini biasanya dikunjungi oleh umat muslim pada bulan Syawal dan bulan Muharram. Selain itu, pada setiap hari Jumat dan Ahad, diadakan acara ziarah yang diikuti oleh ribuan orang.

See also  Tempat Bagus di Surabaya Malam Hari

5. Makam Sunan Muria

Makam Sunan Muria terletak di Desa Colomadu, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Sunan Muria adalah salah satu wali yang juga termasuk dalam Walisongo. Makam ini biasanya dikunjungi oleh umat muslim pada bulan Syawal dan bulan Muharram. Selain itu, pada setiap hari Jumat dan Ahad, diadakan acara ziarah yang diikuti oleh ribuan orang.

Kesimpulan

Itulah lima makam wali yang bisa Anda kunjungi jika sedang melakukan ziarah di Surabaya. Setiap makam memiliki tradisi dan ritual yang berbeda-beda. Namun, semua makam ini memiliki nilai sejarah dan spiritual yang sangat tinggi bagi umat muslim. Oleh karena itu, ziarah ke makam-makam wali ini sangat dianjurkan bagi umat muslim yang ingin memperdalam keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT.

Saran

Jangan lupa untuk selalu menjaga kesopanan dan ketertiban saat berkunjung ke makam-makam wali ini. Selain itu, pastikan juga untuk menghormati tradisi dan ritual yang berlaku di setiap makam. Terakhir, jangan lupa untuk membawa bekal seperti air minum dan makanan ringan saat melakukan perjalanan ziarah.

No Nama Makam Lokasi
1 Makam Sunan Ampel Surabaya
2 Makam Sunan Giri Gresik
3 Makam Sunan Bonang Tuban
4 Makam Sunan Drajat Sampang
5 Makam Sunan Muria Kudus

FAQ

1. Apa itu ziarah wali?

Ziarah wali adalah kegiatan ziarah ke makam-makam para wali atau tokoh suci Islam.

2. Siapa saja wali yang termasuk dalam Walisongo?

Walisongo adalah sembilan orang wali yang berperan dalam menyebarkan agama Islam di Jawa.

3. Kapan waktu terbaik untuk melakukan ziarah ke makam-makam wali?

Waktu terbaik untuk melakukan ziarah ke makam-makam wali adalah pada bulan Syawal dan bulan Muharram.

See also  Wisata Malam Surabaya Hits 2021

4. Apa saja yang harus dibawa saat melakukan ziarah ke makam-makam wali?

Saat melakukan ziarah ke makam-makam wali, sebaiknya membawa bekal seperti air minum dan makanan ringan.

5. Bagaimana cara menghormati tradisi dan ritual di setiap makam?

Cara menghormati tradisi dan ritual di setiap makam adalah dengan mengikuti aturan dan tata cara yang berlaku di setiap makam, serta menjaga kesopanan dan ketertiban selama berkunjung.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan